Minggu, 19 Mei 2013

MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI

oleh : jujun junaedi
kpi/b/IV
UINSGDbdg
Banyak sekali orang yang pada hakeketnya punya kemampuan, tetapi tidak memiliki rasa percaya diri. Akibatnya kemampuam yang ia miliki tak punya arti sama sekali. Mengapa demikian? Karena tak punya rasa percaya diri, otomatis dia selalu di hantui kekhawtiran tidak berhasil kalau melakukan sesuatu usaha. “Ah, tak akan mungkin saya berhasil. Mana mungkin saya mampu mengerjakan hal itu. Mustahil saya bisa sukses melaksanakan pekerjaan sebesar itu”. Itulah pemikiran-pemikiran yang beredar di benak orang yang tak punya rasa percaya diri.
    Orang yang percaya diri akan pengesampingkan anggapan anggapan itu  tadi. Akan  Tapi orang yng percaya aka dirinya aka berkata.  “ masa saya tidak bisa, toh oranglainpun juga bisa, orang lain juga makan nasi saya juga makan nasi, saya pasti bisa, orang lain bisa saya akan lebih bisa, kalau orang lain sanggup, saya pun juga akan lebih sanggup, saya tidak akan menyerah sebelum mencoba, saya tidak akan berhenti sebelum berhasil, sekali saya melangkah saya harus bisa”. Itulah kata-kata yang menggelegak dari semangat orang yang punya rasa percaya diri.
    Keberhasilan dan kegagalan seseorang sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan kegaalan dalam membangun rasa percaya diri. Sehebat apapun seseorang jika tidak memiliki rasa percaya diri, niscaya tidak ada artinya sama sekali. Bahkan tidak akan memulai sesuatu kegiatan. Kalaupun pernah memulai, sedikit saja menemui rintangan akan mudah menyerah. Dia tidak punya keteguhan dalam menghadapi halangan dan rintangan mendatang.
    Membangun rasa percaya diri haruslah dimulai menyadarkan diri sendiri bahwa dalam diri setiap orang memiliki potensi, ada kelebihan ada kekurngan tersendiri. Inilah yang mebuat setiap orang memiliki kemampuan. Mungkin saja kemampuan seseorang atau kelebihan yang dimiliki seseorang tidak dimiliki oleh orang lain dan sebaliknya kemapuan yang dimiliki orang lain tidak dimiliki oleh yang lain pula, semua orang punya kelebihan yang berbeda-beda. Disinilah guna adanya hubungan antara seseorang dengan orang lain agar saling mengisi kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun yang pasti setiap orang memiliki kemampuan atau potensi diri masing-masing yang bisa dia kembangkan untuk menjadikan dirinya dapat berhasil dalam melakukan suatu usaha. Setelah menyadari hal ini kita akan merasa tidak ada bedanya dengan orang lain. Karena, itu kalau oang lain biasa maka Anda pun bisa!
    Dalam membangun rasa percaya diri , jangan sekali-kali anda mau dihantui oleh perasaan yang embuat anda merasa punya kelemahan, atau ketidak mampuan dan ketakutan yang banyak menghantui di dalam benak anda. Anda kesampingkan semua itu, usir dia jauh-jauh dan anda ganti kedukukannya dengan pikiran-pikiran yang positif, semangat dan optimis yang memberikan harapan keberhasilan.* 07:25/20-0502013
Jika andak tidak punya percaya diri,
Sesunggguhnya anda telah kalah dua kali dalam peraingan hidup. Dengan kepercayyan diri anda telah berhasil mekipun belum memulai.
=Marcus Gorvey=


Tidak ada komentar:

Posting Komentar